Tanya Jawab dengan Teman

Yuri Akhmad nyawang profilmu aku jd merasa layak bertanya…soal bikin warnet. ada saran?

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
Warnet kl di daerah hinterland msh bs diandalkan kl kota kayae terlalu banyak kompetisi. Teknis bikinnya sgt mudah tergantung budgetnya, mau skalaian game atau ga?

#low end#
kl cm inet bs pk pc branded[2nd] yg dah ada windowsnya itu lbh murah.
… Baca Selengkapnya
#high end#
beli yg sesuai dg gaya kekinian ini mahal

#provider#
dah ada paketan dedicate baik yg broadband atau yg pk kabel tinggal pilih saja. kl aku pilih yg kabel [optik] kl memang sudah dijangkau oleh jaringan kabel optik di daerah yg mau didirikan warnet. kl ga ya pk dedicate broadband [isat, telse, xl,..] dah ada kok tinggal pilih😉

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
@Yuri: Pake Speedy 2mbps 12pc sdh cukup. selama daerah situ [nogotirto] blm banyak warnet dan dekat sekolahan+perumahan cukup memadai. kl dl 1th bs return back munkin skg 3thn syukur pelanggan banyak jd bs lebih cepat🙂

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
#low end#
a) monitor CRT 1jt x12 = 12jt [boros listrik]
b) monitor LCD 1.6jt x12 = 19.2jt [hemat listrik]
meja+partisi+cabling @500rbx12 =6jt
total (a)=18jt… Baca Selengkapnya
total (b)=25.2jt

#game centre – mediocre#
a) monitor LCD 3.5jt x12 = 42jt

total = 48jt

#wnet or gemnet#
return back time hampir sama tergantung okupansi dan utilitasnya. jk daerah situ cah2e seneng dolanan game yo bikin aja skalian game centre biasanya kl dah spt itu okupansi dan utiliasnya akan tinggi. kl ndak suka gem yo inet aja.

#return back time#
wnet dg 12pcs itu skurang2nya hrs dpt laba 1-1.5jt syukur kl ramai [okupansi+utilitas] tinggi, wkt ramai inilah kesempatan untuk mempercepat return back time. tapi dari pengalaman seramai2nya wnet hanya bertahan 1-1.5thn hbs itu turun [ini dah cukup waktu tuk mengembalikan modal] abis itu dah dianggap untung.

#lab.school#
tapi kl mau bagus sekalian bikin gerai edukasi jadi internet+pelatihan/kursus/les sains buat anak2 sekolah atau semacam lab school itu akan lebih memberdayagunakan prasarana yg tlh diinvestasikan.

Cahyo Budi S
18 juta dapet 12 kompi? baru or second?

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
itu komputer branded 2nd #low end# [note atas ^]

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
aku ga jual itu, cm ksh kisaran htungan aja, wahaha ;D
###################
kl punyaku sendiri yg disini bos: http://www.riskydigital.com/
###################

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
kl pk kompi rakitan yg murah jg bs nanti pk LINUX UBUNTU dah bagus tuh🙂

Cahyo Budi S
lho.. lantas kamu jaulan apa wae nih?


Rizki Noor Hidayat Wijaya-

Jualanku ini pak:
software
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=41&Itemid=41

hardware… Baca Selengkapnya
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=42&Itemid=55

security system & otomation:
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=53&Itemid=60

jasa & konsultan:
GIS
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=29&Itemid=73

Pengelolaan Sumberdaya Alam (PSDA)
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=30&Itemid=74

Image Processing & Digital Forensic
http://www.riskydigital.com/index.php?option=com_content&task=blogcategory&id=28&Itemid=76

…dst

Yuri Akhmad
rencana komputer 20 biji. wifi diset 4 kanal. 2 kanal operator. pasang 2 koneksi speedy 2MB.

Cahyo Budi S
@yuri: sampeyan kok sugih men kerja nandi to? pengen je

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
bagus brati skalian bikin game center, nanti tinggal bikin kompetisi biar okupansi naik. wifi pilih yg bagus pak kl memang mau fokus pake wifi. bs pake senao atau nano station🙂

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
wifi low end kl dipake client yg banyak riliabilitinya kurang oke, mesakke pelanggan. warnet ki intine dikecepatan, pelayanan dan harga murah, [kecepatan ttp menempati skor tertinggi] he3x🙂

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
scr teknis pemilihan operator bs mendukung kinerja. kl mau flat bs pake bandwith manager, tp bagusnya dinamis atau menyesuaikan jd limitasi utilitas bandwith disesuaiakan dengan pemakaian/user yg aktif itu akan lebih nyaman bagi user/client🙂

Yuri Akhmad
@BS: sugih jare sapa? wong iki lagi gresek2 arepe isa urip genah je…


Yuri Akhmad

@Rizki: sesuk2 aku dolan ke Lab-mu ya? Diwenehi alamat karo telepon ke Japri wae..tx

-Rizki Noor Hidayat Wijaya-
#Rumah Internet#
Dari pengalaman yg lebih tahan survive adalah Rumah Internet:
1. biaya murah
2. fleksibel [jika terlihat kecenderungan customer meningkat maka bs dg cpt diexpand]
3. resiko lebih kecil… Baca Selengkapnya
4. lebih mudah terkontrol.

#BEP#
Biasanya kl langsung bikin besar dan bagus tidak pernah nympai ke BEP atau malah lama. kl saranku mulai dari 12pc dulu baru kl benar2 dah overload okupansinya bs ditambah.

#Expansi#
bagi pengguna wnet itu yg penting cepat pasti laris. 12pc jika okupansi 80% saja itu sudah hebat! dah lemayanlah istilahnya pohonya dah berbuah sendiri gaperlu dirawat lagi. Nah, jk oportunitinya bagus baru diexpand. dari 12pc itu jg bs disediakan layanan wifi untuk user yg mau menggunakan lapinya sendiri.🙂

#Lokasi & Tempat#
tempat usahakan milik sendiri jangan sewa. kl model rumah internet disain malah sudah serasi dg disain keseluruhan rumah. atau bs jg dibikin model lab.it yg menyediakan jasa internet buat umum.

#Pegguna Potensial#
penggna potensial adalah anak sekolah, biasanya tugas2 skg dah cari diinet. jd waktu paling banyak pengguna adalah wkt istirahat dan pulang sekolah. jd sekitar jam 12 – 12:50 pulang sekolah – 18:00 nah dilihat dari itu kelihatan bahwa efektif hanya sekitar 4/24 atau sekitar 20% – 25% utilitasnya.

#Strategi meningkatkan Okupansi & Utilitas Sarana#
untuk mengingkatkan okupansi dan utilitas itulah mk dpt dibikin lab.it dg membuat program2 kursus/les yg sinkron dg sekolah. kl aku metode pengajaran lbh straight forwad lsg kesasaran membangun fundamenal scr cepat kmdian dilanjutkan dg kreasi, inovasi dan implmentasi.

Nah, mumpung ada Bu Guru silaken konsultasi membuat disain lab.it yg lebih bgs kemasan pengajarannya he3x🙂

#Deferensiasi ‘why wnet?’#
lama2 tarif inet semakin murah, itu tantangan bagi penyedia jasa layanan wnet pak, jd memang diperlukan kreasi dan inovasi untuk membuat suatu deferensiasi, ‘mengapa ke wnet?’ gt, he3x🙂

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s