BLACKBERRY ATAU I-PHONE?

Jika anda diberi pilihan,  pilih mana: Blackberry Bold (BB) atau iPhone 3G? BB fenomenal. iPhone 3G diprediksi bakal menggusur kejayaan BB dalam waktu dekat. Tak perlu bingung. Secanggih-canggihnya telepon seluler, penggunaan tergantung kebutuhan si pengguna.

iphone-3g-vs-blackberry-bold-copy

Tapi, tak ada salahnya mengulas kelebihan dan kekurangan antara BB dan iPhone. Soal dimensi, BB dan iPhone tidak memiliki perbedaan alias sama saja. BB memiliki dimensi 127 x 66 x 12,7 mm dengan berat 133 gram. Sedangkan iPhone 115,5 x 62,1 x 12,3 mm dengan berat 133 g.

Jika menilik dari sisi layar alias display, BB memiliki ukuran 480 x 320 pixels, sama seperti yang dimiliki iPhone. Namun iPhone boleh sedikit unggul dari BB karena layarnya adalah layar sentuh atau touchscreen.

Beralih ke bagian teknis, sistim operasi BB menggunakan BlackBerry ver. 4.6, sedangkan iPhone menggunakan OS X yang dibuat sendiri oleh Apple. Bagi yang tidak terbiasa menggunakan komputer PC bermerk Apple, pengoperasian iPhone pertama kalinya akan terasa awam. Namun jika sudah terbiasa maka tidak akan menjadi masalah.

Untuk kapasitas memori internal, BB tersedia dalam dua model, yaitu 8 dan 16GB. Tapi BB bisa menggunakan microSD untuk kapasitas ekstra jika dibutuhkan ruang untuk menyimpan file-file penting yang memiliki kapasitas yang sangat besar. Sementara itu iPhone tersedia dalam dua model, yaitu 8 dan 16GB, tapi tidak ada slot untuk kartu memori jika menginginkan kapasitas tambahan.

Dari sisi kamera dan video, BB dilengkapi kamera 2 Megapixels, flash built-in, 5x digital zoom, dan resolusi video 480×320. Yang menarik, BB memiliki fitur Geotag serta aplikasi Roxio Media untuk edit gambar. Sementara itu iPhone mengusung kamera 2 Megapixels dan fitur Geotag.

Untuk sisi hiburan media player, BB mampu memutar video dengan layar penuh dan 30 fps (frame per detik) serta dapat mendengarkan musik melalui 2 speaker eksternal built-in atau melalui headphone dengan jack ukuran 3,5 mm.

iPhone memiliki kualitas yang sama dengan iPod, kecuali tanpa scrolling wheel-nya yang terkenal dan video 30 fps dengan resolusi 640×480 serta headphone jack 3,5 mm.

Untuk koneksi data internet, BB dan iPhone sudah 3G HSDPA, plus integrated Wi-Fi dan Bluetooth. Pada fitur navigasi peta digital alias GPS, BB sudah built-in GPS dengan BlackBerry Map-nya sedangkan iPhone Assisted GPS (AGPS).

Dari sisi daya tahan baterai, BB memiliki waktu siaga 13 hari dan 5 jam untuk waktu bicara inipun dengan syarat hanya standby. Sementara itu iPhone memiliki waktu siaga 12,5 hari dan 5 jam untuk waktu bicara.

Sebenarnya BlackBerry Bold 9000 dengan iPhone mempunyai pangsa pasar yang berbeda bila dilihat dari segi fisik. BlackBerry menggunakan QWERTY, sedangkan iPhone menggunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya. Seperti kebanyakan orang setuju, ponsel dengan keyboard QWERTY lebih dipilih ketimbang layar sentuh karena sudah terbiasa mengetik di atas keyboard komputer.

Untuk kenyamanan ditaruh di dalam kantong pakaian, iPhone mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tipis sehingga dalam hal ini, iPhone lebih unggul.

Untuk masalah ekspansi, iPhone punya kelemahan. Tak ada slot untuk kartu memori tambahan guna memperbesar kapasitas memori. Walaupun memang kapasitas 16GB cukup besar, tetapi seiring dengan semakin banyaknya aplikasi pihak lain untuk iPhone sepertinya akan tidak cukup. (did)

http://skalaonline.wordpress.com/2009/04/08/blackberry-vs-i-phone/

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s